Category Archives: Aktivitas

Pelepasan Siswa Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Siswa kelas XII berfoto bersama dengan para guru, staf, dan jajaran Yayasan Pendidikan Kristen Bina Bakti.

Setelah melalui perjalanan panjang selama 3 tahun di SMP dan 3 tahun di SMA, para siswa telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka dan bersiap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada hari Rabu, 29 Juni 2019, SMP dan SMA Kristen 2 Bina Bakti (Program MATIUS) telah melakukan upacara pelepasan siswa kelas IX dan kelas XII bertempat di Gereja Kristen Imanuel Ka Im Tong, Bandung.

Dalam upacara pelepasan siswa yang dimeriahkan oleh iringan Orkestra Sekolah Kristen Bina Bakti tersebut, seluruh siswa kelas IX dan XII secara resmi dinyatakan lulus. Sekolah juga memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi siswa yang berprestasi di tahun pelajaran 2018 / 2019 ini.

RICHARD ARTHUR SUGIHANJOYO
Peraih nilai akademik terbaik kelas 9A
BRANDON MARKIANO HARDIAN
Peraih nilai akademik terbaik kelas 9B
MALEO FARREL
Peraih nilai UN SMP tertinggi
JEFFREY CLAY SETIAWAN
Peraih skor IELTS tertinggi (7,5)
YOHANES KRISTIANTO
Peraih nilai akademik terbaik, nilai UN tertinggi, dan penghargaan karakter terbaik untuk jurusan IPA
ANDREW CHRISTIAN SUDJONO
Peraih nilai akademik terbaik, nilai UN tertinggi, dan penghargaan karakter terbaik untuk jurusan IPS

Dalam sambutannya, Bapak Denny, S.Si., Apt. selaku kepala sekolah SMP dan SMA Kristen 2 Bina Bakti menyampaikan selamat atas kelulusan yang berhasil diraih setiap siswa SMP dan SMA. Pada kesempatan itu juga disampaikan beberapa perguruan tinggi yang akan menjadi tempat alumni kelas 12 melanjutkan pendidikannya, sebagai berikut :

  1. Bryant William ChiangScript Writer, JMC Academy, Australia
  2. France Juliano Wibawa – Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Maranatha, Bandung
  3. Jasson Jeremiah Juliman – Universitas Indonesia, Depok
  4. Jeffrey Clay Setiawan – Institut Teknologi Bandung
  5. Peter Gunawan – Fakultas Bisnis, Podomoro University, Jakarta
  6. Yohanes Kristianto – Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Bandung
  7. Andrew Christian Sudjono – Jurusan Akuntansi, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  8. Elizabeth Florence – Jurusan Creativepreneurship, Universitas Bina Nusantara, Bandung
  9. Gabriel Theodore William – Jurusan Bahasa Mandarin, University of Jinan, Republik Rakyat Tiongkok
  10. Gaby Inneta Ichwanto – Jurusan Product Design, Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  11. Gretchen Cheryl OYW – The One Academy, Malaysia
  12. Michael Stefanus – Jurusan Creativepreneurship, Universitas Bina Nusantara, Bandung
  13. Michellyn Tertia Tirta – Jurusan Creativepreneurship, Universitas Bina Nusantara, Bandung

Datang Untuk Mencari Yang Terhilang

Kebaktian Natal Siswa – 13 Desember 2018

Menutup semester ganjil tahun pelajaran 2018 / 2019, siswa SMP dan SMA Kristen 2 Bina Bakti (Program MATIUS) mengadakan kebaktian dan perayaan natal bersama pada hari Kamis, 13 Desember 2018 lalu bertempat di GKIm Ka Im Tong, Bandung.

Kebaktian dan perayaan natal tahun ini mengambil tema “Datang Untuk Mencari Yang Terhilang”. Inspirasinya sendiri diambil dari Yohanes 3 : 16 yang berbunyi : “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Dalam khotbanya, Ev.Helen Pratama mengajak siswa sekalian untuk kembali menyadari besarnya kasih Allah dalam hidup mereka dan dengan sepenuh hati mau hidup seturut kehendak Allah.

Dalam sambutannya, Bpk Denny, S.Si., Apt. selaku kepala sekolah juga berpesan agar setiap siswa mau membuka diri terhadap kasih Allah dan mengijinkan Allah sendiri mengubah hidup mereka agar setiap siswa sungguh diubahkan menjadi pribadi-pribadi yang semakin baik dari hari ke hari.

SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU 2019

Melatih Keterampilan Melalui Aktivitas Pertanian

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran teoretis di kelas, secara rutin SMA Kristen 2 Bina Bakti (Program MATIUS) memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik kelas X untuk mempelajari berbagai aktivitas di bidang pertanian. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk studi lapangan yang berlangsung selama 10 minggu di Natural Farm, sebuah tempat yang menerapkan konsep pertanian terpadu di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selama 10 minggu, peserta didik belajar berbagai hal, mulai dari menanam bibit tanaman, menggarap lahan, merawat, memanen, hingga mengolah hasil panen. Selain mempelajari teknis bertani, peserta didik juga mempelajari seluk beluk bidang pertanian dari sisi ekonomis.***


Mempelajari Tradisi dan Budaya Chinese

SMPK dan SMAK 2 Bina Bakti (Program MATIUS) mengadakan kegiatan Chinese Culture Week yang berlangsung dari tanggal 1 – 3 Oktober 2018. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa mengenai tradisi dan budaya Chinese. Dalam rangkaian kegiatan Chinese Culture Week tersebut, para siswa diperkenalkan dengan berbagai tradisi dan budaya Chinese, di antaranya :

  1. Membuat lampion dari bahan sederhana
  2. Paper cutting
  3. Painting
  4. Menggambar
  5. Tradisi minum teh

Membuat Lampion

Paper cutting

Chinese painting

SCIENCE WORKSHOP SMAK 2 BINA BAKTI KERJASAMA FTIS UNPAR

SMA Kristen 2 Bina Bakti  bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR  menyelenggarakan serangkaian Science Workshop untuk memperkenalkan  bahwa sains dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Program Studi Fisika memiliki kesempatan pertama untuk mengisi workshop sains tersebut pada Hari Rabu, 23 November 2016 dan Rabu, 8 Februari 2017. Kegiatan workshop berlangsung di Ruang Auditorium Bina Bakti Jl. Bima No. 9, Bandung dan dihadiri oleh siswa-siswi SMAK 2 Bina Bakti Program MATIUS. Materi diberikan oleh Janto Vincent Sulung Budi, dosen Program Studi Fisika UNPAR.

 

Science Workshop -1 mengambil topik “Ask the Nature”. Pada workshop ini seluruh siswa diajak berpikir tentang beberapa “common belief” yang kontradiktif. Ketika timbul pertanyaan, tentang kebenarannya, dan bingung karena tidak ada sumber yang bisa dipercaya, kita harus bertanya ke mana?  “ASK THE NATURE”. Bertanyalah kepada alam, dengan melakukan eksperimen. Senjata utama untuk belajar dari alam adalah metoda ilmiah. Melalui workshop tersebut para siswa diajak untuk menerapkan tahap demi tahap metoda ilmiah untuk menyelesaikan beberapa contoh masalah.

 

Science Workshop -2 mengambil topik Pembuatan Spectrophotometer. Workshop diikuti oleh siswa kelas 11 dan 12. Workshop dimulai dengan melihat beberapa contoh mengapa spectrophotometer sangat berguna, kemudian para siswa diajak untuk membuatnya. Spectrophotometer sederhana dibuat oleh para siswa dengan menggunakan smartphone sebagai alat ukur. Hasilnya digunakan untuk melakukan beberapa pengukuran yang memberikan gambaran bagaimana mengkalibrasi dan kelak menggunakannya dalam penelitian pada berbagai bidang. Sebagai contoh sederhana, bagaimana menggunakan spectrophotometer sederhana tersebut untuk memeriksa apakah tahu yang kita beli menggunakan kunyit sebagai pewarna alami atau menggunakan pewarna kimia.

 

Workshop yang ke-3 khusus pelajaran Matematika telah dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2017, diikuti siswa kelas 11 dan 12, kali ini yang membawakan materi adalah Ibu Livia Owen, M.Is. Dosen Program Studi Matematika FTIS-UNPAR. Topik yang dibahas adalah “Dimana saya menemukan Matematika dalam kehidupan sehari-Hari’. Topik ini sangat menarik karena ternyata Matematika itu ada di mana-mana, bahkan di wajah dan tubuh kita pun ada Matematika.

 

Kegiatan workshop masih akan berlanjut dengan topik sains yang lain, khususnya terkait dengan bidang  Ilmu Komputer (Teknik Informatika). Melalui penyelenggaraan rangkaian workshop tersebut, diharapkan para siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar.

 

SMAK 2 Bina Bakti Program MATIUS

Jl. Industri Dalam No. 12A, Bandung

022 – 601 8868

http://smpak2.binabakti-bdg.sch.id

Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2017-2018