SCIENCE WORKSHOP SMAK 2 BINA BAKTI KERJASAMA FTIS UNPAR

SMA Kristen 2 Bina Bakti  bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR  menyelenggarakan serangkaian Science Workshop untuk memperkenalkan  bahwa sains dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Program Studi Fisika memiliki kesempatan pertama untuk mengisi workshop sains tersebut pada Hari Rabu, 23 November 2016 dan Rabu, 8 Februari 2017. Kegiatan workshop berlangsung di Ruang Auditorium Bina Bakti Jl. Bima No. 9, Bandung dan dihadiri oleh siswa-siswi SMAK 2 Bina Bakti Program MATIUS. Materi diberikan oleh Janto Vincent Sulung Budi, dosen Program Studi Fisika UNPAR.

 

Science Workshop -1 mengambil topik “Ask the Nature”. Pada workshop ini seluruh siswa diajak berpikir tentang beberapa “common belief” yang kontradiktif. Ketika timbul pertanyaan, tentang kebenarannya, dan bingung karena tidak ada sumber yang bisa dipercaya, kita harus bertanya ke mana?  “ASK THE NATURE”. Bertanyalah kepada alam, dengan melakukan eksperimen. Senjata utama untuk belajar dari alam adalah metoda ilmiah. Melalui workshop tersebut para siswa diajak untuk menerapkan tahap demi tahap metoda ilmiah untuk menyelesaikan beberapa contoh masalah.

 

Science Workshop -2 mengambil topik Pembuatan Spectrophotometer. Workshop diikuti oleh siswa kelas 11 dan 12. Workshop dimulai dengan melihat beberapa contoh mengapa spectrophotometer sangat berguna, kemudian para siswa diajak untuk membuatnya. Spectrophotometer sederhana dibuat oleh para siswa dengan menggunakan smartphone sebagai alat ukur. Hasilnya digunakan untuk melakukan beberapa pengukuran yang memberikan gambaran bagaimana mengkalibrasi dan kelak menggunakannya dalam penelitian pada berbagai bidang. Sebagai contoh sederhana, bagaimana menggunakan spectrophotometer sederhana tersebut untuk memeriksa apakah tahu yang kita beli menggunakan kunyit sebagai pewarna alami atau menggunakan pewarna kimia.

 

Workshop yang ke-3 khusus pelajaran Matematika telah dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2017, diikuti siswa kelas 11 dan 12, kali ini yang membawakan materi adalah Ibu Livia Owen, M.Is. Dosen Program Studi Matematika FTIS-UNPAR. Topik yang dibahas adalah “Dimana saya menemukan Matematika dalam kehidupan sehari-Hari’. Topik ini sangat menarik karena ternyata Matematika itu ada di mana-mana, bahkan di wajah dan tubuh kita pun ada Matematika.

 

Kegiatan workshop masih akan berlanjut dengan topik sains yang lain, khususnya terkait dengan bidang  Ilmu Komputer (Teknik Informatika). Melalui penyelenggaraan rangkaian workshop tersebut, diharapkan para siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar.

 

SMAK 2 Bina Bakti Program MATIUS

Jl. Industri Dalam No. 12A, Bandung

022 – 601 8868

http://smpak2.binabakti-bdg.sch.id

Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2017-2018