AKADEMIK

SMP dan SMA Kristen 2 Bina Bakti (Program MATIUS) mengusung konsep full-day school, di mana hal tersebut akan memberikan keuntungan siswa dapat memperoleh pendidikan secara holistik. Pendidikan yang kami berikan tidak hanya berpusat pada sisi pengetahuan semata, namun juga mengedepankan nilai-nilai Kristiani yang terintegrasi dalam setiap proses pembelajarannya.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari SMP dan SMA Kristen 2 Bina Bakti (Program MATIUS) :

1.  Kurikulum Cambridge yang terintegrasi

Kami berupaya melengkapi kurikulum nasional yang ada terintegrasi secara baik dengan kurikulum Cambridge dalam pembelajaran bahasa Inggris dan matematika. Pembelajaran bahasa Inggris akan memberikan keuntungan bagi peserta didik sehingga mereka dipersiapkan secara bertahap sejak awal agar dapat memiliki nilai IELTS tertentu saat mereka lulus dari kelas XII.  Pembelajaran bahasa Inggris ini didukung pula oleh kelas English Conversation untuk melatih kemampuan verbal peserta didik dalam berbahasa Inggris secara aktif. Pembelajaran matematika akan mengasah kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah secara lebih baik.

 

 

2. Pembelajaran Bahasa Mandarin yang komprehensif

Sekolah Kristen Bina Bakti telah dikenal sejak lama memiliki pembelajaran bahasa Mandarin yang baik. Hal ini juga terus kami kembangkan dan kami bekali kepada setiap peserta didik kami agar mereka mampu menguasai bahasa dunia kedua setelah bahasa Inggris. Hal ini kami percaya akan memberikan nilai tambah bagi setiap lulusan kami di kemudian hari.

 

 

 

3. Pendidikan musik sesuai minat dan bakat peserta didik

Kami juga membekali setiap peserta didik dengan pendidikan musik yang berkualitas. Setiap siswa dapat memilih alat musik yang diminatinya dan akan dibimbing secara privat oleh guru-guru yang ahli sesuai alat musiknya masing-masing. Alat musik yang dapat dipilih meliputi drum, gitar, bass, violin, trombone, cello, piano, flute, trumpet, saxofon, francehorn, dan masih banyak lagi.

 

4. Kunjungan perusahaan dan kunjungan pabrik

Kami menyadari bahwa pembelajaran di dalam kelas secara teori saja tidaklah cukup. Oleh karena itu, secara rutin kami mengajak peserta didik kami melihat secara langsung kegiatan ekonomi yang dilakukan di perusahaan maupun pabrik. Hal ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta didik terhadap aktivitas bisnis yang ada di masyarakat dan akan berguna kelak saat mereka bekerja maupun berwirausaha.

 

5. Studi Lapangan

Untuk memberikan pembelajaran yang utuh, peserta didik juga akan belajar secara langsung di lapangan mengenai usaha pertanian. Selama 10 minggu, peserta didik akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan usaha pertanian, mulai dari pemupukan, penanaman, perawatan, hingga memanen hasil pertanian mereka. Peserta didik juga akan belajar bagaimana memanfaatkan hasil-hasil pertanian tersebut sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

 

 

 

6. Karya Tulis Ilmiah

Guna membangun peserta didik menjadi insan pembelajar, kami juga melatih mereka untuk mampu melakukan penelitian secara ilmiah dalam berbagai bidang studi sesuai minatnya. Tujuannya agar setiap peserta didik memiliki kebiasaan positif untuk melakukan eksplorasi ilmu pengetahuan sekaligus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan itu sendiri di kemudian hari.

 

Berbagai program yang kami rancangkan tersebut diharapkan dapat memperlengkapi wawasan dan keterampilan setiap peserta didik guna melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sekaligus mempersiapkan masa depan mereka masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat. Pembelajaran yang dilakukan dalam format kelas-kelas kecil bertujuan agar proses bimbingan kepada peserta didik dapat berlangsung secara lebih intensif dan dalam suasana kekeluargaan sehingga menjadi lebih efektif dan produktif.